Tips Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Hai Sobat Agent pasti diantara kalian sedang dalam perantauan atau mengadu nasib di kota lain nan jauh dari kampung halaman, dengan tujuan dan mimpi untuk hidup yang lebih baik tentunya. Tetapi ada kalanya untuk kita pulang dari perantauan lalu berkumpul bersama orang tua dan sanak-saudara menikmati kebersamaan hari Raya Idul Fitri.

Mudik Lebaran, yapp agenda tahunan ini bagi kamu yang dalam perantauan adalah hal yang ditunggu-tunggu pastinya. Untuk kamu yang akan merencanakan pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi coba tips ini yuk agar meminimalisir risiko yang lebih tinggi di jalan, mulai dari macet yang tidak terprediksi, rute jalan yang jauh dan lain sebagainya. Berikut tips dari kami agar perjalananmu nyaman sampai pulang kerumah:

1. Periksa kondisi kendaraan itu faktor yang penting dilakukan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi kendaraan kamu. Kendaraan menjadi faktor utama dan paling berpengaruh pada keselamatan kamu beserta keluarga jika mudik dengan kendaraan pribadi. Untuk mobil, usahakan untuk periksa mesin kendaraan, rem, oli, airbag dan roda.

Untuk motor, mesin kendaraan, rem dan ban motor harus dipastikan dalam kondisi baik namun yang tidak kalah penting jangan lupa beli bensin yaa. Jangan meremehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan dikarenakan kondisi kendaraan kurang layak untuk dipakai mudik lebaran.

2. Membawa penumpang melebihi kapasitas itu berbahaya

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah hindari membawa beban atau orang yang melebih kapasitas dari kendaraan kamu. Ini juga penting untuk keselamatan dan kenyamanan kamu ketika mudik, Karena setiap kendaraan sudah dirancang khusus dengan kapasitasnya masing-masing.

Tetapi, jika terjadi kelebihan beban dan memaksakan kapasitas berlebih, hal ini berpotensi menjadi masalah dan berpengaruh pada keselamatan semua penumpang.

3. Perencanaan keuangan sebelum mudik lebaran penting dilakukan

Hal penting lainnya adalah perencanaan anggaran selama perjalanan menuju kampung halaman, kamu juga harus tau tidak selalu ada mesin ATM dan tidak semua toko bisa transaksi dengan kartu debit atau kartu kredit sehingga membawa uang tunai adalah sebuah keharusan. Tidak perlu berlebihan, lebih baiknya lagi sebelum mudik lebaran, lakukan perhitungan kisaran anggaran yang dibutuhkan selama di perjalanan, agar tidak boros dan keluar dari perkiraan anggaran.

4. Membawa bekal makanan ketika perjalanan mudik lebaran

Hal penting berikutnya adalah membawa perbekalan, perlu kita sadari juga bahwa kemacetan bisa terjadi di mana saja, oleh karena itu membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup pada saat perjalanan mudik lebaran juga berguna.

Saat berkendara di tengah kemacetan tidak terduga kamu perlu makan dan minum yang cukup, faktor ini berpengaruh agar kamu tidak kehilangan konsentrasi saat berkendara. Hindari mengendarai kendaraan jarak jauh dalam kondisi lapar dan haus karena itu tidak baik untuk kamu serta orang yang kamu bawa pada saat perjalanan.

5. Menggunakan bantuan navigasi tambahan seperti GPS

Hal yang tidak kalah penting berikutnya adalah menggunakan fitur maps. Sebelum menggunakan fitur ini di smartphone kamu pastikan baterai ponsel mencukupi, kamu juga bisa membawa daya tambahan seperti power bank untuk di perjalanan mudik lebaran. Dengan maps kamu bisa memperkirakan kondisi jalan yang akan kamu tempuh hingga menuju ke tujuan.

6. Patuhi tata tertib lalu lintas saat berkendara agar aman berkendara

Hal berikutnya adalah mematuhi lalu lintas yang ada sepanjang perjalanan mudik lebaran. Untuk kamu pengendara roda dua, gunakan helm yang berstandar SNI dan nyalakan selalu lampu motor, untuk kamu pengendara roda empat pasang sabuk pengaman. Jangan lupa membawa data diri seperti KTP, SIM dan STNK, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada dan berkendara sesuai dengan kecepatan normal. Tidak perlu ngebut atau salip kanan-kiri, tujuan kamu pulang kampung dengan nyaman bukan kerumah sakit dengan beban.

7. Jangan memaksakan, kamu perlu istirahat cukup

Hal penting terakhir adalah istirahat, perjalanan yang jauh dan padatnya kendaraan akan membuat badan lelah. Jangan paksakan diri untuk terus berkendara jika kamu sudah kelelahan. Ambillah waktu yang cukup untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat, banyak posko mudik yang tersebar misalnya di SPBU atau posko mudik Ralali.com di Rest Area Km 6 Cikampek dan Rest Area Km 39 Cikampek. Kembalilah berkendara jika tubuh sudah fit dan segar kembali, berkendara nyaman dan aman butuh fisik yang prima, sebab itu istirahat menjadi hal penting.

Sekian tips yang bisa kami berikan, hal diatas juga penting ketika kamu kembali ke kota tempat kamu mencari nafkah, jangan lupa tips diatas yaa agar perjalananmu selama mudik lebaran aman dan nyaman 🙂

Share yuk kesini
Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi