Ralali Agent

Tips Puasa Sambil Kerja Sampingan

Bulan suci ramadhan telah tiba saatnya bagi umat muslim untuk menunaikan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah ini. Tetapi apakah itu menjadi halangan bagi kamu yang masih tetap bekerja ketika menjalankan ibadah puasa?

Sebagai umat muslim hendaknya mengetahui bahwa bekerja juga merupakan ibadah yang apabila dikerjakan bisa mendatangkan pahala terutama saat bulan ramadhan. Lalu bagaimana agar tetap sehat dan lancar berpuasa sambil tetap bekerja? Yuk simak tipsnya:

1. Niat yang tulus

Hal yang dikerjakan dengan niat yang tulus akan menjadi berkah. Jangan jadikan puasa sebagai alasan malas bekerja atau sebaliknya bekerja dijadikan alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Perlu diingat bahwa Rasullullah SAW pun tetap beraktifitas dan bekekerja ketika menjalankan ibadah puasa ramadhan.

2. Bangun lebih awal

Bangunlah lebih awal saat sahur dan konsumsi makanan yaitu sayur dan buah-buahan. Hal ini bisa membuat nutrisi kamu tercukupi selama berpuasa dan menjaga pasokan energi dalam tubuh. Tetapi jangan sampai terlalu berlebihan, karena yang terlalu berlebihan itu tidak baik :).

3. Hindari ghibah

Puasa tidak hanya menahan lapar tetapi juga menghindari segala perbuatan yang buruk seperti membicarakan orang lain, marah atau hal lain. Biasanya saat bekerja atau di kantor, kita sering melalukan aktifitas yang bisa jadi membatalkan puasa antara lain bergosip atau bergunjing. Maka hindarilah memulai omongan yang menyigung suatu pihak.

4. Banyak berzikir

Dalam berpuasa terutama di tempat kerja ada baiknya kita sebagai umat islam selalu mengingat Allah SWT dan berzikir karena keutamaan berzikir sangatlah banyak. Hati yang berzikir akan senantiasa tenang dan hal ini bisa membuat puasa menjadi lebih ringan. Berzikir juga bisa dilaksanakan kapan saja saat kamu sedang bekerja maupun sedang beristirahat.

5. Sabar

Didalam kehidupan terutama pekerjaan pasti sering kita rasakan yang namanya emosi dan ingin sekali untuk marah. Meskipun demikian puasa juga melatih kesabaran kita dan bagaimana cara kita mengatasi semua tekanan dalam pekerjaan. Perbanyaklah istigfar itu akan membuat kamu jadi lebih tenang.

6 Sempatkan berolahraga

Jika kamu bekerja dan berpuasa di saat yang sama, sempatkan diri kamu untuk berolahraga karena berolahraga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan stamina serta membuat kamu tidak cepat merasa lelah. Kamu bisa melakukannya ketika hari libur / akhir pekan agar tidak mengganggu pekerjaan.

7. Tidur dan Istirahat yang cukup

Ingat kamu bukan robot, kamu juga butuh istirahat dan tidur yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk bekerja terlalu berat

Habiskan waktu dengan memperbanyak ibadah seperti melaksanakan shalat sunah seperti shalat dhuha maupun melakukan ibadah lainnya. Menghabiskan waktu sejenak untuk shalat dhuha di kantor akan membuat kamu merasa lebih tenang dan fokus dalam pekerjaan.

Demikian Tips Lancar Berpuasa Sambil Bekerja. Semoga ibadah puasa kamu lancar dan diterima oleh Allah SWT.

Share yuk kesini
Exit mobile version