Kesalahan yang Bikin Kamu Belum Merdeka Dari Keuangan

Merasakan merdeka secara finansial menjadi impian banyak orang tapi sayangnya banyak dari kita belum menyadari kalau ada beberapa kebiasaan yang akhirnya membuat kita sulit keluar dari keadaan ini. Untuk itu ada baiknya kamu mengetahui kesalahan apa yang mungkin saja kamu lakukan dan ternyata berefek terhadap keuangan kamu 

Tujuan Finansial yang Belum Jelas

Salah satu kesalahan mengapa orang belum memiliki kemerdekaan secara finansial sendiri diakibatkan karena kamu tidak memiliki perencanaan keuangan yang tidak dimiliki, entah baik untuk jangka pendek maupun panjang. Hal ini memang terlihat sederhana tapi sangat berdampak untuk masa depan loh! Jadi jangan disepelekan ya. Ada baiknya jika kamu sudah memiliki perencanaan sejak umur 20-an, tapi jika saat ini belum memiliki perencanaan tidak ada kata terlambat untuk membuatnya sekarang. 

Nantinya pundi-pundi uang yang dikumpulkan bisa kamu gunakan untuk membuka usaha, atau biaya di masa depan yang bisa kamu simpan. Dengan perencanaan ini pula bisa lebih termotivasi untuk merdeka secara finansial lebih lagi.

Tidak Memiliki Tabungan Darurat

Jika kamu bertanya seberapa penting nya tabungan darurat, maka ini jawabannya. Dengan menyisihkan 10% dari pendapatan setiap bulannya, kamu tidak perlu khawatir lagi saat keadaan yang tidak diinginkan terjadi. 

Jumlah dana darurat sendiri yang ideal adalah berjumlah enam kali dari penghasilan. Namun mengingat pengeluaran yang ada, belum tentu semua orang bisa melakukan hal ini. Oleh karena itu disarankan untuk menabung setidaknya 10% dari penghasilan setiap bulannya. 

Besar Pasak Daripada Tiang

Semakin banyak platform digital yang memberi kemudahan untuk meminjam uang dan melakukan transaksi digital dengan sistem ‘pay later’ seakan akan memberi kemudahan bagi kita untuk meminjam uang dengan cara yang lebih mudah.

Namun tanpa disadari hal ini juga membuat sebagian dari kita menjadi tidak terkontrol dalam hal keuangan. Padahal idealnya batasan pengeluaran atau jumlah hutang yang bisa dimiliki maksimal di 30% dari total pendapatan per bulan. 

Solusi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah penghasilan. Beruntungnya saat ini sudah ada aplikasi BIG Agent yang membuat kamu bisa mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya dari manapun. Nggak perlu khawatir lagi kan jadinya, karena selalu ada ada saja yang bisa dikerjakan bersama BIG Agent.

Share yuk kesini
Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi