Tips Agar Fokus Dalam Bekerja

Seringkali dalam bekerja kamu merasa sulit untuk fokus pada tugas atau pekerjaan yang sedang kamu lakukan, faktor utamanya adalah pikiran kemana-mana atau memikirkan lebih dari 1 hal. Rasa khawatir yang berlebihan terhadap menyelesaikan pekerjaan membuat kamu melakukan banyak hal sekaligus sehingga kamu tidak bisa tenang dan berkonsentrasi pada suatu tugas atau pekerjaan tersebut.

Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan fokus agar kamu dapat mengerjakan pekerjaan dengan konsentrasi, selamat membaca.

1. Hindari Multitasking

Hal pertama agar kamu bisa fokus adalah hindari multitasking. Ini terjadi karena kamu melakukan banyak tugas/pekerjaan sekaligus (multitasking). Otak akan dipaksa bekerja untuk fokus lebih dari satu hal yang berbeda sehingga kerja otak menjadi berantakan.

Disarankan untuk mengatur prioritas pekerjaan kamu, mana yang lebih penting dan mendesak untuk diselesaikan, serta mana yang bisa dikerjakan nanti karena deadlinenya masih lama.

2. Membuat to-do list

Hal lain adalah merencanakan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan. Mengapa? Karena dengan merencanakan, kamu akan tahu apa yang harus diselesaikan pada suatu hari kerja. Kamu bisa membuat to-do list / list tugas harian agar lebih tertata.

Tugas yang di rencanakan adalah tugas-tugas penting yang berkaitan erat dengan Karir, Finansial, serta target kamu kedepannya. Atur waktu pengerjaan tugas-tugas penting tersebut, agar kamu tidak terbebani dan tidak lupa karena keterbatasan daya ingat.

3. Singkirkan pengganggu

Hal penting lainnya agar konsentrasi kamu tidak terganggu adalah menyingkirkan terlebih dahulu pengganggu di sekitarmu. Maksud pengganggu disini adalah berasal dari lingkungan kerja contohnya Spam email, situs media sosial seperti Instagram, Facebook, dll. Susah-susah gampang menyingkirkan penganggu tersebut namun jika kamu tegas pada dirimu sendiri gangguan tersebut akan mudah untuk disingkirkan.

4. Istirahat sejenak

Pada tubuh Energi dan tingkat fokus yang tinggi itu terbatas. Oleh karena itu, kamu harus meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak ketika setelah bekerja. Tujuan istirahat tersebut adalah menyegarkan perhatian sejenak sehingga otak kamu menjadi segar kembali.

Jika terus menerus untuk bekerja maka yang akan terjadi adalah stress dan hilang fokus. Jangan gunakan istirahat siang untuk bekerja atau memikirkan pekerjaan.

5. Lakukan kaji ulang

Hal selanjutnya adalah mengkaji ulang rencana pekerjaan kamu. Kamu harus melakukan perbandingan pencapaian dengan apa yang telah direncanakan. Dengan begitu, kamu bisa menjaga atau mengendalikan konsentrasi.

Perbandingan pencapaian dengan rencana ini bisa dimulai dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri, antara lain:

  • Tugas penting apa yang telah saya selesaikan hari ini?
  • Tugas penting mana lagi yang harus saya selesaikan hari ini?
  • Apakah saya produktif bekerja hari ini?

Meningkatkan konsentrasi saat bekerja itu perlu strategi dan latihan. Oleh karena itu, cobalah kamu mempraktikkan tahap demi tahap di atas untuk melejitkan konsentrasi kamu dalam bekerja. Selamat mencoba!

Share yuk kesini
Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi