Tips Bertemu Orang Baru

Aktivitas padat sehari-hari pasti membuatmu kerap kali bertemu orang baru. Berbicara dengan orang baru atau di depan umum, mungkin menjadi hal yang baru bagi sebagian orang.

Untuk itu sebelum berkenalan, sebaiknya kamu sudah pikirkan apa yang akan dilakukan saat berkenalan sama orang baru. Yuk simak tips yang bisa kamu coba ketika bertemu orang baru:

1. Lawan rasa malu

Hal ini adalah alasan terbesar yang membuat sebagian orang termasuk kamu takut berbicara di depan orang baru. Maka dari itu, lawan atau atasi rasa malu itu dengan menganggap semua orang sama. Hiraukan jabatan orang yang ada di depan kamu, bicaralah sesuai konteks dan hal-hal yang ingin kamu sampaikan.

Ingat bahwa orang yang kamu temui itu adalah manusia juga, jadi kenapa harus takut untuk berbicara? Trik lain untuk menghilangkan rasa malu adalah dengan menganggap orang baru adalah teman / rekan kerja.

Dengan begitu, kamu merasa santai berbicara di depan orang tersebut. Jangan pernah takut salah, karena itu manusiawi setiap orang hebat dalam public speaking pun pernah mengalami kesalahan.

2. Beri senyum terbaik

Hal penting lainnya adalah memberikan senyum terbaik kepada lawan bicara yang baru kamu kenal, saat ada dalam pertemuan pertama dan kamu ingin berbincang dengan seseorang, yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah memberinya senyum terbaik.

Pemberian senyum itu akan menandakan bahwa kamu ingin membuka percakapan dengannya, selain itu senyum yang kamu berikan akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang ramah dan terbuka. Jangan sampai orang lain bingung karena kamu tiba-tiba saja mengajaknya berbicara tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.

3. Ajukan pertanyaan

Ketika kamu ingin berkenalan dengan orang baru, mengajukan pertanyaan merupakan cara termudah untuk memulai sebuah percakapan. Mulailah pembicaraan diiringi dengan pertanyaan agar percakapan dapat terus berlanjut.

Pertanyaan basa-basi juga membantumu untuk membuat percakapan dengan orang baru. Kamu dapat menanyakan kabarnya, cuaca hari ini, atau kegiatan yang ia lakukan selama liburan kemarin. Ajukan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui. Jangan takut dianggap bodoh karena pertanyaan-pertanyaan tersebut.

4. Lakukan persiapan sebaik mungkin

Jika kamu harus melakukan presentasi di depan orang baru, lakukan dengan persiapan sebaik mungkin. Latihlah dirimu sebelum menyampaikan materi di depan cermin, membawa peralatan pendukung yang diperlukan, dan buat penampilan yang rapih.

Dengan melakukan persiapan sebaik mungkin, kamu akan semakin menguasai materi dan memprediksi suasana yang akan terjadi di lapangan. Selain itu, persiapan juga akan membantu kamu memberikan getaran positif sehingga perasaan kamu menjadi positif juga.

5. Jadi diri sendiri

Berbicaralah dengan gaya bahasa kamu sendiri. Jangan meniru gaya bicara orang lain karena kamu akan menjadi orang lain, bukan diri kamu yang sebenarnya. Gaya ini perlu sering dilatih agar kamu memilik ciri khas khusus yang tidak dimiliki orang lain.

Dengan kata lain, berbicaralah secara santai, sopan, dan menarik ala kamu sendiri sehingga suasana menjadi kondusif dan mengesankan bagi lawan bicara.

6. Lakukan kontak mata

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah lakukan kontak mata dengan lawan bicara. Kontak mata mencerminkan kalo kamu menghargai orang yang sedang diajak berbicara.

Berikan kontak mata yang lama, tetapi jangan berlebihan, karena dengan kontak mata yang kuat akan dapat mengkomunikasikan bahwa kamu tidak hanya merasa terpikat oleh apa yang mereka katakan, tetapi juga menunjukan kalau kamu dapat dipercaya dan serius dalam membicarakan sesuatu. Sehingga secara tidak langsung akan membuat mereka lebih memperhatikan anda serta apa yang anda bicarakan.

7. Berdoa

Berdoa sebelum bertemu dengan orang baru akan membantu menenangkan perasaanmu. Selain itu, berdoa juga akan memberi getaran positif sehingga secara tidak sadar kamu akan lebih siap untuk berbicara.


Bertemu orang baru memang gampang-gampang susah, karena butuh persiapan, teknik, dan latihan. Teruslah menerapkan cara-cara diatas sehingga menjadi kebiasaan yang akan mengubah kamu terbiasa bertemu orang baru.

Share yuk kesini
Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi