Wajib tahu! Trik Sederhana untuk biar bisa memulai percakapan dengan orang baru

Untuk berkenalan dengan orang baru bukanlah hal mudah untuk kebanyakan orang, rasa malu, enggan, atau tidak tahu harus memulai dari mana menjadi penyebab mengapa sebagian dari kita atau sobat agent mengalami hal ini.

Meskipun rasa enggan berkenalan lebih dulu muncul, ada kalanya kamu harus bisa untuk keluar dari rasa takut ini, mengingat pentingnya komunikasi dalam pertemanan, maupun pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips yang mudah kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari

Senyum Ringan & Sapa 

Melemparkan senyum yang tulus sama seperti halnya seperti memberikan “sinyal positif”, untuk diri sendiri maupun orang yang ada di sekitar kamu. Seakan-akan seperti mengirim pesan kalau kamu adalah orang yang bisa dipercaya dan diajak bekerjasama.

Di samping itu di dalam dunia pekerjaan, senyum juga merupakan keajaiban yang bisa membawa keberuntungan. So, mulailah tersenyum maka seluruh dunia akan tersenyum padamu.

Mengajak Bicara Lebih Dahulu

Jika sudah melakukan langkah awal di atas, selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengajak lawan bicara lebih dulu, dengan melemparkan pertanyaan yang bersifat umum, juga menggunakan intonasi nada bicara yang sesuai.

Ada baiknya untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, dengan begitu lawan bicara akan merasa didengarkan, dan merasa nyaman melakukan obrolan dengan kamu.

Mengenali Situasi Lawan Bicara

Harus kamu mengerti kalau setiap orang itu berbeda-beda, dan ini akan mempengaruhi cara , gaya, dan pembawaan seseorang dalam berkenalan. So, sebelum mengajaknya orang lain mengobrol ada baiknya untuk mempelajari dahulu siapa lawan bicara kamu. 

Perhatikan juga usia, pekerjaan, orang tersebut agar kamu bisa memulai percakapan di situasi yang tepat.

Memulai percakapan di awal memang tidak mudah, untuk itu cobalah untuk mencari topik yang sesuai dengan kondisi sekitar. Misalnya saja sedang mengantri makanan, berada di tempat makan atau situasi tertentu yang kamu hadapi.

Jangan Lupa Magic Word

Saat memulai dan mengakhiri percakapan jangan lupa untuk menggunakan ‘kata-kata ajaib’, seperti terimakasih, minta maaf, silahkan, tolong. Kata-kata di atas sangat berguna dalam komunikasi, karena selain memberikan kesan ramah, hal ini juga membantu menghindari kesan negatif terutama dalam komunikasi telepon.

Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa sobat Agent lakukan, dan mudah dipraktekan saat harus bertemu dengan orang baru di lapangan ataupun melalui telepon. Semoga tips ini membantu dan jangan berhenti mencoba jika dalam prakteknya kamu mengalami kegagalan.  

Share yuk kesini
Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi